Ini Alasan NTT Juara Umum API V 2020 Gubernur: Kita Patut Bangga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
BANGGA. Deretan para peraih API Award V 2020, di Inaya Bay Labuan Bajo. (IST)

LABUAN BAJO, MediatorStar.com Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur patut berbangga, pasalnnya NTT keluar sebagai juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) V tahun 2020.

Acara penganugerahan ajang bergengsi di bidang pariwisata itu dilakukan di Inaya Bay Hotel, Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis (20/5/2021) malam. Ternyata ini yang menyebabkan NTT dinobatkan sebagai juara umum. Karena, NTT meraih nominasi terbanyak atau 8 kategori dalam API Award 2020. Yakni:

1. Kategori Surga Tersembunyi juara II, Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao.
2. Kategori Makanan Tradisional, juara I Daging Se’i.
3. Kategori Destinasi Belanja, juara I, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao, Kota Kupang.
4. Kategori Wisata Air, juara II Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur.
5. Kategori Dataran Tinggi, juara I Fulan Fehan di Kabupaten Belu.
6. Kategori Kampung Tradisional, juara I, Kampung Adat Namata di Sabu Raijua.
7. Kategori Destinasi Baru, juara II Pulau Semau di kabupaten Kupang.
8. Kategori Situs Sejarah, juara I diraih Liang Bua Ruteng, kabupaten Manggarai.

Atas predikat membanggakan tersebit, maka tak sedikit warga yang ikut bergembira. Ketua DPRD NTTA Emy Nomleni, dalam akun medsosnya, tak dapat menyembunyikan kebanggaannya pada kekayaan yang dianugerahkan Sang Pencipta bagi NTT. Dia menyebut, NTT adalah negeri terberkati. Dan unggahan itu ditanggapi publik, semua ikut bergembira.

Tak hanya itu, Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dalam pernyataannya, tak menampik jika NTT adalah negeri penuh anugerah. Bahkan dalam kunjungannya di Labuan Bajo, Lembor, Ruteng serta di sejumlah lokasi kegiatan, Viktor menyatakan kebanggaannya itu. NTT menurutnya layak diapresiasi, karena memiliki potensi wisata berkelas internasional.

Asal tahu saja, NTT mengungguli daerah lainnya di Indonesia dalam ajang tersebut. Ada 8 nominasi dari 18 kategori yang dilombakan dan berhasil mengantar NTT sebagai juara umum. API merupakan ajang untuk membangkitkan pariwisata di Indonesia dan gelar sebagai Juara Umum pernah diraih Provinsi NTT pada tahun 2016.

Baca Juga  Pukulan Caci Gubernur Disaksikan Ranaka

Laiskodat mengaku bangga terhadap panitia yang bekerja luar biasa sehingga menghasilkan momentum malam penganugerhan itu. “Sahabat saya Rio Kapella sebagai penasehat API sangat luar biasa bekerja. Tentunya kita harapkan kedepan, Apresaisi Pesona Indoensia, menjadi kekuatan lembaga untuk memeberikan apresiasi terhadap seluruh destinasi wisata di Indonesia,” katanya.(*)

admin

admin

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *