Garda Maritim 7, Andalan Baru Pemersatu Nusa Tenggara

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
RESTU BERLAYAR. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, berada di depan kemudi kapal Garda Maritim 7, pada seremoni peresmian kapal itu, Jumat (27/8) dalam pelayaran perdana menuju Pelabuhan Hansisi-Semau, Kabupaten Kupang. Foto: Dok Pemprov NTT

MEDIATORSTAR.COM, Kupang
GUBERNUR NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meresmikan pelayaran KMP Garda Maritim 7 (27/8/2021). Saat itu Gubernur VBL menegaskan bahwa kehadiran KMP Garda Maritim 7 dapat memberikan dampak ekonomi terkhususnya dalam perdagangan antar pulau. “Ini adalah kebutuhan dasar untuk membangun ekonomi di NTT karena provinsi kita ini adalah provinsi kepulauan. Maka kehadiran KMP Garda Maritim 7 ini akan membantu pelayaran kita untuk menghubungkan pulau yang satu dengan pulau lain dengan baik dan tentunya akan sangat mendukung perdagangan antar pulau,”jelas Gubernur.
“Kalau kapal sudah ada dan pelayarannya sudah berjalan baik maka pasti akan mendorong adanya perdagangan. Ini kita kenal dengan istilah ship promote the trade atau dengan kata lain sarana pelayaran dibangun untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi,”tandas Gubernur.
“Saya juga ingin agar KMP Garda Maritim bisa melayani pelayaran dari Kupang menuju Sabu dan Waingapu. Kita mau agar perdagangan ada dari tiga segitiga ini. Ini juga untuk membantu pemenuhan ekonomi. Kini yang terjadi saat ini di Timor kelebihan bawang merah, disaat yang sama juga Sumba kekurangan bawang merah maka kita harus ambil keputusan itu agar ekonomi pertanian antar pulau bisa jalan. Bawang dari Timor kita bawa ke Sumba. Jadi hasil pertanian yang ada di Timor bisa dinikmati di Sumba dan Sabu dan begitupun sebaliknya,”jelas Gubernur sembari berharap kepada para Bupati dan Walikota untuk memberikan subsidi kepada Garda Maritim untuk bisa meningkatkan pelayanan pelayaran kepada masyarakat NTT. Gubernur juga menginginkan agar ring of beauty NTT dengan kekayaan pertanian, peternakan, industri dan pariwisata benar-benar dinikmati masyarakat NTT.
Sementara itu Direktur PT Garda Maritim NTT Yusak Benu mengatakan ini adalah kali kedua KMP Garda Maritim berlayar di NTT. Hari ini adalah KMP Maritim 7 yang diresmikan dan sebelumnya pada oktober 2020 lalu kami telah mempersembahkan KMP Garda Maritim 3 yang saat ini melayani pelayaran Kupang – Rote,”kata Yusak.
“Rencana kami sejak 2019 hingga 2023 di Indonesia Timur akan kami hadirkan 20 kapal dan kami harapkan di setiap tahun akan ada maksimal 2 kapal yang melayani di NTT,”tambahnya.

Baca Juga  Pengakuan Resmi OJK: Kinerja Bank NTT Menggembirakan, Kredit Macet Turun Signifikan
BERSAMA. Gubernur VBL bersama jajaran direksi dan komisaris Garda Maritim 7, seusai penandatanganan dokumen peresmian GM 7.
Foto: Dok Pemprov NTT

Ia menjelaskan, dengan adanya KMP Garda Maritim 7 ini dapat memangkas waktu jarak tempuh Kupang – Rote yang awalnya 4 jam, kini dapat ditempuh dalam wakyu 3 jam 8 menit. Dan bila saat ini pelayanan Kupang – Rote hanya 1 kali pulang pergi dalam sehari maka dengan KMP Garda ada Maritim ini bisa maksimal 2 kali pulang pergi dalam sehari atau 1 setengah kali.
“Pada kunjungan kerja kami ke Sikka (Maumere) kami telah bertemu Bapak Bupati dan menyerahkan surat permohonan kami untuk melayani pelayaran di Sikka, Nagekeo, Larantuka, Adonara dan Lembata,”tambahnya. Hadir dalam momentum itu, Bobby Putoby selaku direktur keuangan, serta dri manajemen Garda Maritim pusat.

KADIN NTT Apresiasi
Sementara Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) NTT juga berterimakasih kepada Gubernur NTT serta seluruh kepala daerah yang sudah ikut serta mendukung investasi baru di NTT, khususnya di bidang investasi pelayaran. Wakil Ketua Umum KADIN NTT kepada Mediatorstar.com menegaskan “Terimakasih atas dukungan bapak gubernur dan semua pihak sehingga hari ini ada investasi baru lagi di bidang transportasi laut.”
Bobby yang juga Komisaris Utama PT Multiguna Maritim (MGM) itu menambahkan, KADIN NTT membentuk beberapa konsorsium seperti dengan real estate, pendidikan dan salah satunya adalah Garda Maritim di bidang pelayaran yakni kapal roro untk mempersatukan dan menyambungkan seluruh NTT yang adalah provinsi kepulauan.
“Dan pada saat launching Garda Maritim 7 oleh Gubernur, dihadiri seluruh bupati di NTT, pimpinan OJK dan Kepala Bank BI, Komisaris, direksi Bank NTT ini adalah bentuk dukungan yang penuh dari Pemprov dan Pemkab tentang supporting bisnis kepada Garda Maritim NTT. Kami mengucapkan terimakasih untuk penghargaan ini dan ini memberikan kekuatan penuh serta semangat kepada putra/i NTT yang berinvestasi di kapal ferry roro ini.” (***/MSC01)

Baca Juga  Bank NTT Putuskan Cengkraman Tengkulak Pada Petani Kopi Colol
REDAKSI MEDIATORSTAR

REDAKSI MEDIATORSTAR

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *