Telah Dibuka, Jalur Perdagangan Baru NTT-Papua, Didukung KADIN-Pemprov

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
PELUANG INVESTASI. KM Kendhaga 7, Kamis (23/9/2021) hari ini mulai melayari jalur Kupang menuju Merauke. Bagi Anda yang mau memanfaatkan jalur perdagangan ini, pintu terbuka lebar-lebar. Foto: Istimewa

MEDIATORSTAR.COM, Kupang

Ini kesempatan bagus untuk berinvestasi di bidang perdagangan antar provinsi. Pemerintah pusat menghadirkan jalur baru perdagangan, yang masih merupakan bagian dari program Tol Laut. Nantinya jalur baru ini menghubungkan NTT dengan Papua.  Kamis (23/9/2021), KM Kendhaga 7 memulai pelayaran perdananya dari Pelabuhan Tanjung Lontar Tenau, Kupang-NTT menuju ke Merauke-Papua.

Jalur pelayarannya yakni Kupang-Waingapu, Waingapu-Labuan Bajo-Labuan Bajo-Reo, Reo-Merauke dan Merauke kembali melalui Atapupu dan kembali ke Kupang. Kamis hari ini berangkat dari Kupang dan kapal ini akan tiba di Merauke pada 4 Oktober nanti, lalu akan kembali lagi ke Kupang.

RAPAT. Pemerintah Provinsi NTT, menggelar rapat dengan seluruh simpul untuk memperlancar transportasi tol laut yang menghubungkan NTT-Papua. Dalam rapat yang berlangsung di ruang rapat Dinas Perhubungan NTT, Rabu (22/9) itu menyepakati untuk menyukseskan tol laut.
Foto: Dok. KADIN NTT

Wakil Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, kepada Mediatorstar.com di Kupang, Rabu (22/9) menegaskan bahwa untuk memperlancar program Tol Laut tersebut, maka Pemerintah Provinsi NTT menghadirkan sejumlah simpul, Rabu pagi, bertempat di kantor Dinas Perhubungan NTT untuk membahas sejumlah hal teknis.

“Ini sebuah terobosan baru yang luar biasa di dunia investasi perdagangan karena pemerintah telah memfasilitasi dunia usaha, dengan membuka jalur perdagangan yang selama ini tertutup, menjadi terbuka lebar. Rabu pagi tadi kami diundang mengikuti rapat yang difasiliasi oleh Pemprov NTT, di ruang rapat Dinas Perhubungan NTT, untuk membahas sejumlah hal teknis,”tegas Boby Lianto sembari menambahkan hadir dalam rapat, KSOP, Syahbandar, Pelni, GM Pelindo III Kupang, KADIN NTT, serta Dinas terkait seperti Pertanian, Peternakan, Perindustrian dan Perdagangan serta simpul lainnya.

Boby Lianto, Wakil Ketua Umum KADIN NTT.
Foto: Ist

“Kapal ini sudah mulai berlayar dan pelayaran ini dimulai dari Kupang, NTT. Nah dalam hal ini KADIN NTT menyambut baik dimana pemerintah telah membuka tol laut yang membuka akses di Indonesia Timur, yakni NTT-Papua. Tentunya kita akan mempersiapkan langkah strategis, untuk melibatkan teman-teman agar memanfaatkan peluang ini,”tegas Boby lagi.

Baca Juga  BURUAN… Rumah DP Nol Persen untuk Polri Hanya 396 Unit

Direncanakan, pada Jumat 24 September besok, KADIN NTT akan melakukan rapat besar yakni ketua KADIN se-NTT dan Ketua KADIN se-Papua untuk menyikapi peluang tersebut. “Dan KADIN akan menghimbau kepada semua pengusaha untuk memanfaatkan peluang baru ini untuk mengirim apa saja dari Kupang, Waingapu, Labuan Bajo serta Reo untuk dikirim sesuai jalur yang tersedia. Begitu pula teman-teman dari KADIN Papua untuk memfasiliasi pengusaha disana, agar mengirim apa saja ke NTT,”tegas Boby. Yang jelas, ini adalah sebuah pintu investasi luar biasa yang dihadirkan oleh pemerintah, dan akan mendorong kebangkitan ekonomi di Indonesia Timur. (MSC01)

REDAKSI MEDIATORSTAR

REDAKSI MEDIATORSTAR

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *